POTENSI SUMBER DAYA ALAM

  13 April 2017  |  DESA BENELAN KIDUL

Sebagaimana uraian pada bagian awal Bab ini, bahwa Desa Benelan Kidul adalah seUnit Desa yang sebgaian besar wilayahnya berupa areal persawahan, yakni sekitar 70 persen dari seluruh luas wilayah Desa. Sedangkan luas wilayah Desa yang masih berupa tegalan sekitar 15 persen, dan pengairan yang sudah dimanfaatkan sebagai tambak sekitar 2 persen, begitu juga di sector perkebunan mencapai 0 persen, sedangkan pemukiman sekitar kurang lebih 3 persen selebihnya adalah berupa wilayah yang mencapai 10 persen

Di samping itu perekomomian Desa selama ini bertumpu pada sector pertanian dan sector informal lainnya, dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani, buruh tani dan pekerja sektor informal.

Dengan demikian potensi Sumber Daya Alam yang bisa dimanfaatkan atau digali secara maksimal di Desa Benelan Kidul meliputi: potensi sektor pertanian, sektor peternakan, sektor industri/perdagangan

Berikut data potensi sumber daya alam yang meliputi orbitasi(Jarak dari Pusat Pemerintahan), Luas wilayah Desa Benelan Kidul menurut Penggunaan dan Kesuburan Tanah:

 

JARAK DARI PUSAT PEMERINTAHAN

DESA BENELAN KIDUL KECAMATAN SINGOJURUH

 

No

Uraian

Jumlah

1.

Jarak dari pusat pemerintahan kecamatan

3 km

2.

Jarak dari pusat pemerintahan kabupaten

17 km

3.

Jarak dari pusat pemerintahan propinsi

280 km

4.

Jarak dari pusat pemerintahan pusat

1.000 km

Sumber data : Kantor DesaBenelan Kidul

 

  1. SEKTOR PERTANIAN

Potensi Sumber Daya Alam sektor pertanian yang sudah dikelola meliputi hasil padi, dan hasil palawija yang terdiri dari kedelai, jagung, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, ubi kayu dan lain- lain.

Sesuai data yang ada, hasil pertanian rata – rata tiap tahun di Desa Singojuruh yang paling banyak adalah jasil padi yaitu sebanyak 6,5 Ton/Ha, sedangkan untuk hasil tanaman sayuran hanya sekitar 1,5 Ton/Ha dan juga Unit – Unitan sekitar 1 Ton/Ha.

Dilihat dari luas areal pertanian yang dimiliki Desa Benelan Kidul, maka hasil pertanian rata – rata tiap tahun tersebut lumayan bisa dibilang cukup terutama hasil tanaman. Oleh karena itu melalui RPJMDes ini seluruh warga Desa Benelan Kidul berharap pemerintah dapat seterusnya memberikan perhatian dalam upaya peningkatan hasil – hasil pertanian di Desa Benelan Kidul terutama terkait permasalahan pupuk dan air irigasi yang selama ini sangat dirasakan oleh para petani di Desa Benelan Kidul.

 

Berikut data hasil pertanian di Desa Benelan Kidul sesuai dengan data yang ada :

  1. Sektor Peternakan

Sesuai data yang ada potensi Sumber Daya Alam sector Peternakan di Desa Benelan Kidul meliputi ternak jenis Sapi dan Kambing. Populasi ternak terbesar adalah jenis sapi yaitu sekitar 20 ekor.Sedangkan jenis ternak kambing sekitar 41 ekor serta unggas seperti itik, menthok dll mencapai 2.024 ekor hal ini cukup besar.

Melihat kondisi alam Desa Benelan Kidul, dimana cukup banya tanaman pakan ternak yang bisa tumbuh sekalipun dimusim kemarau, maka potensi sector peternakan di Desa Benelan Kidul ini perlu untuk mendapatkan penanganan yang serius dari pemerintahan.Oleh karena itu melalui dokumen RPJMDes ini pula masyarakat Desa Singojuruh sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah terutama dari Dinas Peternakan terkait upaya peningkatan potensi sector peternakan di Desa Benelan Kidul.

Berikut data jumlah populasi ternak di Desa Benelan Kidul kondisi tahun 2013

 

JUMLAH POPULASI TERNAK

DESA BENELAN KIDUL KECAMATAN SINGOJURUH

TAHUN 2013

No

Jenis Ternak

Jumlah / Ekor

1

Sapi

20

2

Kerbau

36

3

Kuda

-

4

Kambing

41

5

Unggas meliputi : ayam, bebek, itik dll

2.425

Sumber data : Kantor DesaBenelan Kidul

 

 

  1. SEKTOR INDUSTRI

Potensi sektor industri yang sudah berkembang di Desa Benelan Kidulmeliputi :

  1. Industri pembuatan bata merah dan meubel
  2. Industri kerajinan  rumah tangga
  3. Industri pembuatan aneka makanan tradisional dll

Oleh karena sector industry yang ada di Desa Benelan Kidul masih bersifat Home Industrydan sedikit terlambat dalam pengembangannya, dikarenakan terbatasnya modal dan pemasarannya, maka dibutuhkan sekali perhatian pemerintah dalampengembangannya yaitu dalam bentuk bantuan permodalan dan pelatihan manajemen.

 

 

Contact Details

  Alamat :   Jalan Suko No. 03
  Email : benelankidul03@gmail.com
  Telp. : WA. 081230476558
  Instagram : benelankidul03
  Facebook : Pemdes Benelan Kidul
  Twitter : Desa Benelan kidul


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi